Biz&Tech : Cina Berambisi Bikin Purwarupa Komputer Super Cepat di 2017

Jannet 02.29
Cina Berambisi Bikin Purwarupa Komputer Super Cepat di 2017
Kabel-kabel bersilangan di belakang sebuah fasilitas superkomputer (Shutterstock).

(AFP) Sisanya berada di Jepang dan Swiss. dua di antaranya berada di Cina dan lima lainnya berada di AS. sementara AS hanya punya 165 unit.Dari 10 komputer tercepat di dunia, Cina memiliki 167 superkomputer, demikian hasil survei Top500.org. Pada Juni lalu Cina untuk pertama kalinya dalam sejarah mengalahkan Amerika Serikat sebagai negara dengan komputer supercepat paling banyak di dunia,

imbuh Zhang. Komputer itu kelak bisa digunakan untuk memproses big data dan sistem komputasi awan,

insinyur aplikasi pada Pusat Superkomputer Nasional Cina yang bermarkas di Tianjin. komputer petaflop pertama Cina yang merupakan komputer tercepat dunia pada 2010," kata Zhang Ting, Ia akan 200 kali lebih kuat ketimbang Tianhe-1, "Sistem komputasi dari komputer exascale dan aplikasi-aplikasinya baru bisa dirampungkan pada 2020.

tetapi proses produksinya bisa memakan waktu selama sekitar dua tahun. Meski purwarupanya sudah rampung dirancang,

Sunway TaihuLight hanya menggunakan microchip yang diproduksi di dalam negeri dan menjadi superkomputer pertama yang tak menggunakan teknologi dari Amerika Serikat.
Kecepatan superkomputer ini kabarnya dua kali lipat dari pemegang rekor komputer tercepat sebelumnya.Uniknya lagi, Sunway TaihuLight. Pada Juni lalu Cina sebenarnya sudah punya superkomputer tercepat di dunia,

Rencana itu adalah upaya Cina untuk menjadi juara dalam perlombaan global mengembangkan superkomputer. Suara.com - Cina berencana merampungkan pengembangan purwarupa komputer exascale - yang mampu menggelar semiliar miliar hitungan per satu detik - pada akhir tahun ini.


Source: Suara.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.