News : Saya Enggak Mau Ikut-Ikut" "Anies yang Ambil Keputusan,

Jannet 16.18
"Anies yang Ambil Keputusan, Saya Enggak Mau Ikut-Ikut"
Sandiaga Uno. Tirto.id/Sabit

Venture capital itu syariah.
perbankan itu yang liberal. Itu bisnis yang sangat syariah,

Bisnis venture capital itu bisnis yang liberal?

Enggak liberal sama sekali.

Progresif dalam terminologi Amerika adalah liberal.

saya itu betul-betul progresif. Bukan saya anti asing atau anti aseng, maka harus sesuai aturan kita. kalau mau mengundang investor asing, Ada satu pelajaran di sini, Kenapa sekarang kita mulai ribut? yang ini yang saya selalu garisbawahi. Nah,

mereka harus ikut aturan." tetapi begitu mereka masuk, dan kita tak boleh anti, boleh masuk modal, Kalau pada suatu saat kamu jadi pemimpin, Intinnya kita buka investasi itu masuk. Tetapi bukan artinya kita antimodal asing, nasionalisme itu akan selalu relevan. Dia (Mahathir Muhammad) bilang gini: "Sandi,

ternyata foreign direct investment-nya empat sampai lima kali lipat lebih banyak dari Indonesia —negara yang menyatakan terbuka. statement-nya keras, antibarat, Malaysia yang sangat terkesan antimodal asing, Pertanyaan saya ini. Apakah nasionalisme dalam kacamata globaslisasi itu masih relevan? saya undang Tun Mahatir (Muhammad). Tahun 2006, Saya ingin betul-betul mendapat esensi pertanyaan Zen tadi.

Apa arti ketahanan nasional di bidang ekonomi bagi orang seperti Anda? dan modal juga tidak mengenal SARA sebenarnya. Anda terbiasa lintas batas negara dalam permodalan, jejaring modal. keluarga, pertemanan, networking, dari mulai pendidikan, cenderung kosmopolit, kalau dilihat rekam jejaknya, Anda sebagai orang yang, eksis di bawah. kan, Isu kampanye "anti asing anti aseng" ini,

saya akan rasa kemacetan itu akan jauh berkurang di tahun-tahun ke depan. Dengan nanti dibangunnya transportasi publik, ada yang singgah. Ada yang lewat saja, kemacetan itu bukan murni dihasilkan warga Jakarta. ya semua yang masuk ke Jakarta ya dipajakin, Kalau MRT nya sudah dibangun dan canggih seperti Singapura,

Karena transportasi publiknya juga belum nyaman dan maksimal. kan, afford-nya motor atau mobil yang murah. Rakyat itu, tidak berpihak kepada rakyat. kan, Tetapi yang murah, saya juga bisa moratorium yang murah. kalau bisa moratorium yang mahal, oke, Saya bilang, Dan saya maunya efek kejut. Karena saya tahu bahwa itu bikin bangun orang semua. Yang pertama saya gelontorkan saya akan larang moratorium kendaraan mahal. saya sudah mulai. Sudah,

Termasuk yang akhirnya akan berdampak pada ATPM?

termasuk perangkat peraturan dan Undang-undang yang mendukung hadirnya transportasi massal. Sangat teramat sangat setuju, Sangat setuju.

Artinya setuju dengan penguatan transportasi publik?

Orang yang masuk Jakarta untuk bawa mobil itu harus membayar. Harus dijalankan sesegera mungkin. ERP itu Electronic Road Pricing udah dicanangkan tetapi sampai saat ini belum jalan. Tinggal bagaimana mengaturnya.

adalah memiliki kendaraan bermotor. kan, Dan para pemilik ATPM itu selama ini sudah merasakan bagaimana pertumbuhan ekonomi itu men-drive one of their dream, Keinginan memiliki mobil pribadi adalah hak asasi mereka. bus rapid transit-nya dan lain-lain. LRT-nya, Jadi MRT mesti dibangun, yang diperlukan adalah kebijakan yang berpihak pada penyediaan transportasi publik masal. Menurut saya, lebih simpel lagi. sih, Itu, dan saya tidak akan ikut dalam keputusan tersebut juga. Bisa dikaitkan seperti itu,

sebetulnya? kan, Ini conflict of interest juga, sebagai (keluarga) pendiri Astra (Sarratoga juga punya MPMX yang bergerak di bidang otomotif). bahkan Anda disebut anak oleh Edwin Soeryadjaja, Terkait posisi Anda yang punya relasi akrab dengan klan Soerjadjaja, tapi ada juga problem lobi (perusahaan otomotif via) Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM). Ada problem kendaraan publik yang memang masih buruk, salah satunya disebabkan kepemilikan kendaraan pribadi yang sangat besar. kan, Kemacetan di Jakarta ini, problem kemacetan. misalnya, Termasuk untuk,

Di situ adalah cara terbaik untuk menghindari benturan. saya akan dianggap memiliki konflik kepentingan. karena seperti apapun juga, Saya menyatakan tidak akan terlibat dalam proses tersebut, profesional mau diapakan ke depan. itu nanti silakan dirumuskan dalam suatu proses yang betul-betul independen, Nah, membawa kapital. membawa teknologi, Dan saya melihat swasta memang membawa inovasi, Dulu kebijakannya bekerja sama dengan swasta. Ya itu silakan diputuskan. Nah bagaimana kerja sama pemerintah provinsi dengan swasta.

dikelola swasta atau pemerintah? Jadi bagaimana,

Itu masalah itu yang paling penting. bahwa persoalan ini memang harus diselesaikan. dan saya sama terbukanya, Pak Basuki udah terbuka, dan Pak basuki juga udah ngomong. dan itu sudah banyak diomongin juga, Serius,

Itu statement serius lho….

terstruktur dan lain lain pakai pipa besar, tetapi instansi, Bukan warga yang nyolongin air, kita bisa lihat. Di sini, Di kota-kota besar itu tidak ada pencurian secara sistematis.

Di kota-kota besar itu berapa? 

Menurut saya tingkat kebocoran atau non revenue water itu harusnya di level kota-ktoa besar dunia yang lain yang sangat minimum. Tapi gak cukup. Itu sebuah pencapaian yang di dunia merupakan salah satu yang terbaik. mereka bisa menurunkan tingkat kebocoran itu dari tadinya 60 persen sekarang tinggal 40 persen. informasi yang saya terima, Kalau dari Aetra sendiri, kita udah lihat bagaimana swasta yang mengelola selama ini. Gini,

Kalau pandangan Anda sendiri tentang pengelolaan air di Jakarta itu sebaiknya oleh swasta atau pemerintah?

saya enggak mau ikut-ikut. Anies yang ambil keputusan,

berarti Anies yang ambil keputusan? Jadi kalau misalnya Pemprov DKI memutuskan mengakuisisi Pallyja dan Aetra lewat BUMD (juga isu-isu lain yang ada potensi konflik kepentingan),

saya bilang dari hari pertama bahwa saya akan remove my position dari pembicaraan dan keputusan yang diambil mereka. Jadi, Saya tidak ingin juga kehadiran saya akan memberikan tekanan bagi mereka. saya tidak ingin involve dalam pembicaran. di mana salah satu grup yang saya dirikan itu punya conflict of interest di sana, Tetapi kalau perjanjian kerja sama dengan pihak lain, saya akan suport. proses di mana kita akan memberikan subsidi untuk warga kelas menengah ke bawah, Program pipanisasi akan saya suport 100 persen, bahwa saya ada conflict of interest. Saya akan jelaskan, Saya serahkan kepada tim saya.

Apa yang akan dilakukan Sandiaga Uno yang menjabat nantinya? perdebatan publik yang sudah cukup lama dan tidak bisa disepelekan juga. kan, Perdebatan soal Aetra dan Palyja ini, kalau Sandiaga Uno menjabat. pertanyaan saya, Nah, Ini jawaban Sandiaga Uno yang pengusaha.

Kalau ingin benar-benar masuk ke politik itu jangan hidup di dua alam. Atau kepada pengusaha yang ingin masuk ke politik. di mana saya ingin memberikan contoh kepada politisi yang lain. Tapi saya mau one step further, Karena undang-undangnya tidak mengharuskan. Tapi ini saya masih harus lihat. Kepemilikan juga akan saya lepas.

kepemilikan juga akan dilepas? ya, clear, Jadi,

walaupun nanti saya memiliki jabatan. saya harus menyatakan abstain, dan menyangkut kepada interest perusahaan yang ada di dalam grup kami, Nomor dua,

to lead by example. tapi saya akan mencontohkan, walaupun tidak ada aturannya, karena kalau saya komit di dalam politik, Tapi ini merupakan satu keniscayaan, pasti. Ini makan waktu, mungkin menjual seratus persen kepemilikan saya di grup. saya lagi dalam proses, Satu, Ada dua caranya.

Apalagi yang berkaitan dengan aset-aset yang ada di dalam grup yang ada sekarang. makanya saya mundur secara total. Tapi saya mengeliminasi benturan konflik kepentingan, Saya tidak pernah duduk di jajaran komisaris juga. Dan Recapital ini saya dirikan tetapi saya sama sekali tidak terlibat dalam pengambilan keputusan. saya tidak pernah menjabat juga. seperti Aetra, Saya sampaikan bahwa kalau, Makanya saya sudah mundur dua tahun lalu dari bisnis. Saya sudah sampaikan ini dari awal bahwa saya komit.

Itu gimana? Soal konflik kepentingan di beberapa perusahaan kayak Aetra dan MPMX.

untuk mewawancarai pasangan Anies Baswedan dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 ini. ditemani fotografer Andrey Gromico, Wan Ulfa Nur Zuhra, dan penulis ekonomi, Zen RS, Tirto mengirim editor at large,

perumahan rakyat tanpa uang muka dan reklamasi di pantai utara Jakarta. Sedangkan bagian kedua akan membicarakan tiga program utama Anies-Sandi yaitu OK OCE, Sandiaga tentu perlu memberikan klarifikasi dan rencana aksi untuk meminimalisir potensi konflik kepentingan tersebut. Bagian pertama akan banyak membicarakan bisnis Sandiaga yang berpotensi menimbulkan konflik kepentingan jika ia menjadi pemimpin di DKI. Wawancara dibagi ke dalam dua bagian.

Tirto mewawancarai Sandiaga yang lebih dulu melayani wawancara dua stasiun televisi. Dalam waktu kurang dari satu jam, Kesibukan dan padatnya jadwal membuat Tirto tidak punya cukup banyak waktu untuk mewawancarai Sandiaga. Ia terlihat bersemangat menemui para wartawan walau kesan letih belum sepenuhnya hilang dari wajahnya. Kebayoran Baru. Adiyawarman, di Jl. Recapital Building, Tirto menemui Sandiaga di kantornya, Sehari setelah pencoblosan (16/2),

saya enggak mau ikut-ikut," jawab Sandiaga. "Anies yang ambil keputusan,

salah satu perusahaan yang didirikan oleh Sandiaga. Aetra sendiri adalah anak perusahaan dari PT Recapital, Kuat desakan kepada pemerintah untuk mengambilalih layanan air bersih. Salah satu debat publik yang sudah berlangsung enam tahun terakhir adalah keberadaan PT Aetra (dan Pallyja) yang mendapatkan konsesi penyediaan air bersih di Jakarta. Pun juga dalam soal layanan air bersih bagi warga Jakarta.

Untuk diketahui, Sandiaga sudah mundur dari jabatan Presiden Direktur Saratoga sejak memutuskan terjun ke politik. memang bisa dikaitkan seperti itu," kata Sandiaga saat ditanya soal konflik kepentingan yang bisa mempengaruhi kebijakan yang akan diambil jika menjadi pemimpin publik sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. "Ya,

Saya menyekolahkannya ke Amerika dan saya juga bahkan terlibat dalam pernikahannya." dalam sebuah wawancara pernah berkata: "Sandi itu anak saya. pada 2011 silam, putra tertua William, Edward, Baik Sandiaga maupun keluarga Soerjadjaja tak pernah menampik kedekatan itu.

menjadi penting untuk mengklarifikasi potensi konflik kepentingan Sandiaga dalam soal masifnya kepemilikan kendaraan pribadi yang menguntungkan perusahaan otomotif dengan pengadaan transportasi publik sebagai solusi kemacetan di Jakarta. terutama melalui Astra, Ditambah dengan rekam jejak keluarga Soerjadjaja dalam bidang otomotif, atau MPMX yang bergerak di bidang otomotif. Salah satu anak perusahaan Saratoga adalah PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk.

perusahaan investasi yang bergerak dari bidang energi dan infrastruktur. mendirikan Saratoga Investama, salah satu putra William, ia bersama Edwin Soeryajaya, Di sekitar hari-hari penuh krisis pada 1998, pendiri PT Astra. Karir Sandiaga sebagai pengusaha tidak bisa dilepaskan dari klan (William) Soerjadjaja,

atau Agus Yudhoyono. Anies Baswedan, kekayaan Sandiaga mencapai 3,8 trilyun -- ribuan kali lebih banyak dari kekayaan Ahok, Menurut rilis KPUD DKI Jakarta, Namanya beberapa kali masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Sandiaga Salahuddin Uno justru adalah konglomerat itu sendiri. Jika Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sering dicurigai tersandera oleh kepentingan para konglomerat,


Source: tirto.id

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.