Biz&Tech : Pemerintah ingin satu akun media sosial untuk satu pengguna

Jannet 22.48
Pemerintah ingin satu akun media sosial untuk satu pengguna
Semuel A Pengerapan(dok)

Industri perbankan hingga saat ini masing menggunakan CA asing seperti Digicert dan Verisign.(dn) Saat ini beberapa pemain CA asing telah ada di Indonesia seperti Digicert dan Verisign.

sehingga komunikasi bersifat rahasia. dan sumber daya jaringan untuk membuktikan identitasnya dan telah dienkripsi, laman, pemegang sertifikat bisa mengajukannya kepada orang-orang, Sekali CA menandai sebuah sertifikat,

Peran sebuah CA adalah untuk mengesahkan pemegang identitas sertifikat dan untuk masuk sehingga sertifikat tidak bisa dirusak. CA memiliki peran yang hampir sama dengan kantor pelayanan paspor.

Sertifikat dikeluarkan oleh Certificates Authority (CA). karena komunikasi antara dua perangkat menggunakan enkripsi data. Sertifikat digital juga aman, Sertifikat digital merupakan sebuah file yang digunakan untuk mengidentifikasi seseorang atau entitas pada sebuah jaringan seperti di internet.

lembaga sertifikasi keandalan dan pengelolaan nama domain. penyelenggaraan sertifikasi elektronik, tanda tangan elektronik, penyelenggaraan transaksi elektronik, penyelenggara agen elektronik, Beleid ini mengatur mengenai soal penyelenggaraan sistem elektronik,

Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik dalam Layanan Keuangan Digital.

Selama ini Indonesia masih membeli sertifikat digital dari luar negeri. Kominfo sejak 2014 telah berencana membentuk penyelenggara sertifikat digital nasional seiring akan diberlakukannya sertifikat digital pada akhir 2015.

dan LINE telah diajak kerjasama untuk lebih cepat memberantas Hoax. Twitter, Facebook, Kominfo terus memperluas kerjasamanya dengan pemain Over The Top (OTT) untuk memberantas berita palsu (Hoax) di media sosial. Sebelumnya,

misal teknisnya jika terkoneksi root CA dengan kita cukup kuat atau tidak," katanya. Kita mau lihat semua dulu, gimana caranya jadi CA. "Itu sudah banyak yang nanya, namun terbatas. sebenarnya sejak 2011 Kominfo sudah mengembangangkan root CA, Saya akan keluarkan Peraturan Menteri (Permen) untuk membahas teknis soal menjadi CA di tahun ini," katanya.
 
Diungkapkannya, "Ini kalau semua verified account dan ada sertifikasi digital kan jelas. saat ini ada fenomena satu pengguna bisa memiliki banyak akun di media sosial atau meniru akun milik orang untuk tujuan menyebarkan Hoax. Dikatakannya,

Senin (20/2). di Jakarta, kita akan benahi dulu isu Certificates Authority (CA) agar jelas aturan mainnya," ungkap  Dirjen Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Semuel Abrijani Pangerapan, Nah, Ini bisa terealisasi jika untuk dapatkan akun ada sertifikasi digital. "Kita maunya nanti satu orang satu akun kan sama dengan one man one vote.

JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melempar wacana untuk menjalankan one man one account (satu akun untuk satu orang) agar media sosial tak marak digunakan untuk menyebarkan berita palsu (Hoax).


Source: indotelko.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.