Tingginya antusias masyarakat untuk mudik Lebaran 2017 menggunakan moda transportasi Kereta Api (KA) rupanya dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengeruk keuntungan dengan melakukan penipuan terhadap calon penumpang KA.
Seperti yang terjadi di Stasiun Pasar Senen pada Jumat (23/6), telah ditemukan 9 calon penumpang KA Kutojaya Utara (KA 192) dan 3 calon penumpang KA Kutojaya Utara Premium Tambahan (KA 7038) yang kedapatan memiliki tiket boarding pass palsu.
Tiket yang mereka bawa tidak tercantum dalam sistem boarding milik PT KAI, ketika melakukan check-in di Stasiun Pasar Senen, tiket boarding tersebut tidak bisa terdeteksi. Ketika dimintai keterangan, calon penumpang tersebut menuturkan bahwa mereka membeli tiket dari temannya.
Mengantisipasi kejadian yang serupa tidak terulang kembali, SM Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto mengimbau kepada calon penumpang agar membeli tiket tidak melalui perorangan atau calo, karena menurutnya hal ini rentan dengan terjadinya praktik penipuan.
agar tidak tertipu tiket palsu: Berikut disampaikan tips kepada masyarakat yang hendak bepergian menggunakan KA,
1. Calon penumpang disarankan untuk mencetak sendiri boarding pass di check in counter yang telah disediakan di stasiun.
2. Calon penumpang disarankan untuk tidak membeli tiket dalam bentuk boarding pass.
karena menurutnya hal ini rentan dengan terjadinya praktik penipuan.Suprapto mengimbau kepada calon penumpang agar membeli tiket tidak melalui perorangan atau calo, SM Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Mengantisipasi kejadian yang serupa tidak terulang kembali,
4. Jika ada keraguan terhadap boarding pass, segera konfirmasi ke petugas atau customer service yang ada di stasiun, atau bisa juga melalui contact centre PT KAI di (021) 121, atau bisa mendownload aplikasi KAI Access guna melihat kode booking tersebut asli atau tidak.
PT KAI Daop 1 Jakarta mulai Juni 2016 telah memberlakukan sistem check-in dan boarding pass di stasiun-stasiun yang berada di wilayahnya. Penerapan sistem serupa penumpang pesawat ini mengharuskan setiap penumpang yang akan bepergian menggunakan KA melakukan check-in di check-in counter terlebih dahulu. Penerapan sistem ini dilakukan guna meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa KA.
Sampai saat ini terdapat 42 mesin check-in yang tersebar di 13 stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta, dengan rincian di Stasiun Gambir 12 mesin, di Stasiun Pasar Senen 16 mesin, serta di Stasiun Bogor, Bekasi, dan Sukabumi masing-masing 2 mesin, Stasiun Karawang, Cikampek, Rangkasbitung, Tanahabang, Tigaraksa, Merak, Cilegon, dan Serang masing-masing 1 mesin. Jumlah mesin Check in counter pun akan ditambah secara bertahap di stasiun-stasiun KA untuk mengimbangi dengan jumlah penumpang yang akan melakukan perjalanan.
Source: Merdeka.com
EmoticonEmoticon
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.