Inilah Kampus Terhijau Dunia Versi UI GreenMetric

Jannet 13.11
Logo - Greenmetric. UI Segera Umumkan Kampus Hijau Terbaik Dunia 2015. Dok/ui.ac.id KOMUNIKA ONLINE
University of California Davis (Amerika Serikat) dinobatkan sebagai kampus terhijau di dunia versi UI GreenMetric.

KOMUNIKA, Jakarta - Universitas Indonesia (UI) melalui UI Green Metrics kembali mengumumkan peringkat kampus hijau dunia. Untuk tahun 2016, posisi tiga besar kampus hijau dunia ditempati University of California Davis (Amerika Serikat), University of Nottingham (Inggris), dan Waganingen University & Research (Belanda). Pengumuman tersebut berlangsung di Balai Kirti, Kampus UI, Depok pada 29 Desember 2016.

Menyusul pada posisi keempat, kembali ditempati University of Connecticut (Amerika Serikat) dan peringkat kelima diraih University in Oxford (Inggris). Sementara itu, pada tingkat nasional, Universitas Indonesia (UI) ada di peringkat 31, diikuti Institut Teknologi Sepuluh November di peringkat 43 dan Institut Pertanian Bogor di peringkat 57. Kemudian ada Universitas Diponegoro di peringkat 69 dan Universitas Sebelas Maret di peringkat 76.

UI GreenMetric merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia yang basis penilaian utamanya adalah komitmen perguruan tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Indikatornya meliputi statistik kehijauan kampus (15%), pengelolaan sampah (18%), energi dan perubahan iklim (21%), penggunaan air (10%), transportasi (18%), dan pendidikan (18%).

Rektor UI, Muhammad Anis dalam sambutannya mengatakan bahwa indkator tersebut dibuat untuk menilai tingkat komitmen sebuah perguruan tinggi untuk menjaga lingkungan kampusnya tetap asri. Selain itu juga bertujuan agar perguruan tinggi dapat melakukan evaluasi diri dan terus memperbaiki arah pembangunan menuju konsep green campus yang ramah lingkungan.

Tahun ini UI GreenMetric diikuti 516 perguruan tinggi dari 4 benua di dunia. Untuk tingkat nasional, terdapat 49 perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam pemeringkatan ini. Selain itu, tahun ini UI GreenMetric juga menginisiasi sebuah jaringan universitas yang dinamakan UI GreenMetric Network Hub.

Rendy Hendika | ui.ac.id

Source: Tempo.co

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.